Jumat, 28 Maret 2008

MENGAJAR DI DANA PENSIUN

Rabu 26 Maret 2008

Hari ini, pagi-pagi aku berangkat ke daerah Sudirman tepatnya di gedung Arthaloka. Tepat 15 menit sebelum jam 8 pagi aku dengan pakaian rapi berdasi, telah tiba di lantai 17.... ya tempat ini tidak asing bagiku karena kalau tidak salah... sejak tahun 2005 aku mulai berkenalan dengan lembaga ini - Asosiasi Dana Pensiun Indonesia atau sering disingkat ADPI – sebuah asosiasi bagi seluruh dana pensiun di Indonesia. Aku datang sebagai salah satu instruktur dengan spesialisasi bidang pasar modal. Setiap bulan rata-rata aku diundang sebanyak 2 kali untuk mengajar, dan rata-rata aku mengajar untuk 2 sesi dengan total durasi 4 jam. Materi yang biasa aku berikan yaitu mengenal instrumen investasi di pasar modal, kelembagaan di pasar modal, mekanisme transaksi dan penyelesaian transaksi. Alhamdulillaah... asosiasi ini mempercayai aku untuk turut berkontribusi dalam rangka meningkatkan wawasan dan skill para pengurus dan pengelola dana pensiun. Tujuannya akhir tiada lain adalah agar mereka mampu mengelola dana miliaran milik karyawan sehingga mampu memberikan hasil optimal.

Tambah Kenalan Baru

Tepat jam 8 pagi aku telah berdiri di depan sekitar 25 peserta yang sebagian besar berusia 40-an. Mereka adalah para pengurus dana pensiun yang datang dari berbagai kota di Indonesia.

Sambil berkeliling... aku mencoba mengenal dan akrab dengan peserta... Maaf, dengan Bapak? Dari instansi mana? ... jawaban segera mengalir dari bapak dan ibu yang hadir.. satu persatu kusapa, dan sesekali aku menanyakan pertanyaan yang relevan... kira2 berapa dana kelolaan di tempat ibu? dan seterusnya...

Terlihat para peserta mulai akrab denganku .... hari ini aku berkenalan dengan banyak dana pensiun... Krakatau Steel, PLN, Pupuk Kaltim, Perusahaan Pelayanan, Dok Kapal, Bank Sumbar, dan lain-lain... sementara kalau dilihat dari area wilayah... peserta ada yang datang dari Aceh, Padang, Palembang, Bali, Kaltim, dan tentu saja terbanyak berasal dari Jakarta.

Hari ini kurang lebih sekitar 4 jam... aku berbicara seputar instrumen di pasar modal... ya.. aku ditugaskan untuk mengenalkan berbagai instrumen pasar modal, mulai dari saham, obligasi korporasi, obligasi negara, reksa dana, ORI dan instrumen lainnya seperti waran, right, dan lain-lain.

Dengan antusias aku mengenalkan satu persatu instrumen pasar modal... mulai dari karakteristiknya, keuntungan dan risiko, penerbitan hingga mekanisme perdagangan di pasar sekunder. Dan seperti biasa, aku menyelipkan berbagai cerita dan pengalaman seputar kondisi pasar dan kasus-kasus aktual dan riil yang pernah kudapati di lapangan... dengan kasus-kasus aktual terlihat para peserta mulai antusias... sebagian dari mereka mulai mengacungkan tangan dan bertanya... sebagian pertanyaan itu sudah kuduga... namun sebagian merupakan hal baru .... namun dengan jam terbang yang kurasa cukup... semua pertanyaan dapat kuhandle dengan baik dan umumnya mereka puas dengan jawaban yang kuberikan... alhamdulilaah hari ini bertambah banyak yang mengerti pasar modal... dan di akhir sesi... tanpa diminta... serempak seluruh kelas memberikan applause buatku.... terlihat wajah mereka puas dan bangga... rasa lelah ‘ngoceh’ selama sekitar 4 jam menjadi sirna... terima kasih atas apresiasi Bapak/Ibu... Ini salah satu ladang beramal bagiku.

Tidak ada komentar: